Sosialisasi Muniyo di Seminar Introduction of Market Research

21 Mei 2019

KENAPA harus percaya dengan fakta? Otak manusia berbeda dengan binatang. Otak manusia mampu menganalisa fakta berdasarkan data dan mampu menggunakan intelegensi mereka sehingga dapat membuat kesimpulan yang tepat berdasarkan logika. Demikian pernyataan awal Rithmi memulai seminarnya hari itu yang diberi tajuk “Opinion vs Fact, Introduction of Market Research,” di Aula Sekolah Tinggi Tarakanita (STARKI) Kampus 2 Thamrin City Lt. 6, Jakarta, Kamis, 16 Mei 2019.

Hari itu, Product Development, Comsumer Insight dan Brand Management di AcuityHub ini memaparkan tentang pengertian Fakta dan Opini yang beredar di masyarakat juga pengetahuan dasar tentang market research baik dari tipe, aneka metodologi, juga kegunaan penelitian yang dilakukan.

Dengan adanya penelitian, biasanya sebuah lembaga atau perusahaan akan lebih mudah dalam mengambil keputusan. Penelitian biasanya dilakukan dengan menyusun fakta-fakta yang ada dan mengumpulkan data sehingga dapat memudahkan dalam membuat analisa dan mengambil kesimpulan.

Menurut Rithmi, terdapat dua jenis market research yang biasa dipakai yaitu penelitian berdasarkan kualitas yang biasanya disusun dalam bentuk laporan narasi. Sedangkan bentuk yang lain yaitu penelitian berdasarkan kuantitas yang kesimpulannya diperoleh dengan cara pengukuran secara terhitung dari data yang diperoleh dalam penelitian tersebut. Penilitian kualitatif biasanya mengangkat isu yang belum ada gambaran yang jelas, sedangkan kuantitatif digunakan untuk mengukur data yang bisa diukur misalnya data tingkat kepuasan pelanggan dan sebagainya.

Dari sisi metodologisnya, penelitian kualitatif biasanya menggunakan metode Focus Group Discussion (FGD) atau dengan In-Dept Interview. Metode ini digunakan untuk orang-orang atau peserta penelitian yang susah ditemui dan berkaitan dengan isu sensitif misalnya tentang bayi tabung dan lain-lain. Sedangkan penilitian kuantitatif biasanya menggunakan kuisioner atau menggunakan kuisioner secara on line.

Selesai Rithmi memaparkan gambaran tentang “Introduction of Market Research” acara dilanjutkan dengan presentasi tentang program Muniyo sebuah media interaksi antar online panel yang dapat digunakan sebagai media pencarian data atau digunakan untuk pembuatan kuisioner secara on line. Lewat Muniyo, semua orang bisa berpartisipasi dalam riset pemasaran. Anggota Muniyo bisa membuat pertanyaan dan dapat mengumpulkan point. Point yang sudah terkumpul bisa ditukar dengan hadiah.

Usai penjelasan tentang program Muniyo, para peserta seminar masuk dalam kelompok dan diminta membuat pertanyaan semenarik mungkin. Tiga pertanyaan menarik dari peserta diumumkan panitia hari itu dan mendapatkan hadiah langsung dari Muniyo.

ANS.

 

Read 231 times Last modified on Rabu, 12 Juni 2019 14:17
Login to post comments

Newsletter

Make sure you dont miss interesting happenings by joining our newsletter program.

Hubungi Kami

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan untuk menghubungi staff kami.

  • SMS/ WhatsApp/ Line : 081285386710, 081285386725
  • Telp : 021-8649870, 8651764, 8651765 ext. 606
  • Fax : 021-8642115
  • Email: info@starki.id
  • Koordinat GPS Kampus 1 - 6°14'08.0"S 106°55'49.5"E
  • Koordinat GPS Kampus 2 - 6°11'40.6"S 106°49'00.1"E

Sosial Media

Kunjungi kami di sosial media untuk tetap terhubung.