Tugas Sekretaris dalam Menghadapi Bos Zaman Milenial

16 April 2019

 

UNTUK menambah pengetahuan tentang kesekretarisan para mahasiswa Diploma Tiga Sekretari Sekolah Tinggi Tarakanita (STARKI), kampus STARKI menggelar Kuliah Umum mengangkat topik Secretary from CEO Perspective dibawakan oleh Presiden Direktur PT. Excelcomindo Pratama Tbk periode September 2006 hingga April 2015, Hasnul Suhaimi.

Seminar yang digelar di Aula Bintang Samudera, STARKI Komplek Kompleks Billy & Moon, Pondok Kelapa, Jakarta, Jumat sore, 12/4, ini dihadiri para mahasiswa D3 STARKI dan beberapa Dosen pendamping. Dalam paparannya, Hasnul Suhaimi mengingatkan agar para mahasiswa D3 STARKI yang notabene akan menjadi Sekretaris diharapkan memahami perkembangan zaman dalam organisasi perusahaan terutama memahami Bos-bos yang akan mempekerjakan mereka.

Pada masa sekarang, menurut pria kelahiran Bukittinggi, Sumatra Barat, 23 April 1957 ini, para Sekretaris perlu memahami sifat-sifat Bos dan proaktif dalam mengingatkan dan mengatur Bosnya juga dapat berkomunikasi baik lisan maupun tulisan. Supaya bisa memahami tugas-tugas Bosnya, Sekretaris juga diharapkan memahami bisnis perusahaan dimana ia bekerja.

Alumnus lulusan teknik elektro Institut Teknologi Bandung (ITB) pada 1981 ini juga memaparkan tentang tipe-tipe Bos dalam perusahaan seperti tipe Dominan yang memiliki ciri argumentatif, takut mendapat tekanan, langsung dan tegas, menghargai waktu, serta memiliki ego tinggi. Tipe Bos Influence, yang memiliki ciri bicara aktif, percaya diri, memiliki semangat sebagai motivator, humoris, impulsive, tidak terlalu detail dan takut dengan penolakan. Tipe Bos Steadiness dengan ciri-ciri sebagai pendengar yang baik, stabil, bersahabat, memiliki empati tinggi, posesif, sulit berubah serta membutuhkan rasa aman dan yang terakhir adalah tipe Compliance yang memiliki ciri suka hati-hati, akurat, memiliki standar kerja tinggi, suka menganalisis, kritis terhadap informal, senang hal mendetail dan terikat azas serta takut dikritik.

Dalam menyikapi tipe-tipe Bos tersebut para Sekretaris diharapkan memiliki EQ dan bisa mudah memahami perasaan Bos mereka. Lanjut Suhaimi, para Sekretaris juga harus bisa mengimbangi pengetahuan bosnya. Mereka juga harus kreatif dengan belajar dari para sekretaris yang sudah senior dan belajar sesuatu yang detail. “Apabila mempunyai Bos yang kurang kosentrasi, sekretaris perlu mengingatkannya dan kadang Sekretaris juga perlu siap apabila Bosnya marah-marah,” ujarnya.

Untuk menghadapi menghadapi Bos yang susah dan suka marah-marah, para Sekretaris perlu sabar jika sedang mendapat semprotan dari Bos. “Pandai-pandailah menyampaikan pesan kepada Bos. Pesan bisa sampai tanpa membuat Bos stress. Pandai-pandailah menolak tamu yang Bos tidak mau bertemu, dan pandai-pandailah menyampakan pesan perintah Bos agar nggak diterjemahkan sebagai otoriter,” kata Suhaimi.

Kunci sukses Sekretaris, menurut Suhaimi terdapat pada target menyelamatkan 20-30 % dari masalah bosnya. Tugas-tugas yang bisa meringankan pekerjaan para Bosnya seperti memfilter email-email bos dan membantu membuat persiapan rapat dan lain-lain. Kalau bos akan pergi traveling, sekretaris juga diharapkan bisa menyiapkan persiapan perjalanan sehingga perjalanan sang bos dapat berjalan dengan lancar.

Di bagian akhir, Suhaimi juga membekali para mahasiswa dengan ciri khas Bos zaman Milenial yang memiliki ciri-ciri: sering melupakan tatap muka, suka komunikasi dengan alat komunikasi, yang sangat menghargai anak buahnya, yang gampang berubah mengubah struktur, tidak sabaran dan senang untuk bergerak cepat. Untuk mengatasi tipe Bos seperti ini, para Sekretaris diharapkan dapat cepat menyesuaikan diri. “Semakin muda umur Bos, biasanya semakin senang dengan improvisasi. Oleh karena itu Sekretaris juga diharapkan dapat memahami si Bos dan siap untuk menghadapi suasana baru dan bisa adaptif dengan lingkungan,” tegasnya.

ANS

 

Read 153 times Last modified on Minggu, 05 Mei 2019 22:35
Login to post comments

Newsletter

Make sure you dont miss interesting happenings by joining our newsletter program.

Hubungi Kami

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan untuk menghubungi staff kami.

  • SMS/ WhatsApp/ Line : 081285386710, 081285386725
  • Telp : 021-8649870, 8651764, 8651765 ext. 606
  • Fax : 021-8642115
  • Email: info@starki.id
  • Koordinat GPS Kampus 1 - 6°14'08.0"S 106°55'49.5"E
  • Koordinat GPS Kampus 2 - 6°11'40.6"S 106°49'00.1"E

Sosial Media

Kunjungi kami di sosial media untuk tetap terhubung.