WISUDA STIKS TARAKANITA TAHUN 2019: Profesionalitas dalam Membangun Bangsa yang Bermartabat

22 Februari 2019

WISUDA VIII S 1 dan WISUDA XXV D 3

STIKS TARAKANITA

“PROFESIONALITAS DALAM MEMBANGUN BANGSA YANG BERMARTABAT”

Sabtu, 23 Februari 2019

Manggala Wanabhakti, Jakarta

 

SEKOLAH Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari (STIKS) Tarakanita menggelar Wisuda VIII Program Sarjana Ilmu Komunikasi dan Wisuda XXV Program Diploma Tiga Sekretari dalam balutan tema ‘Profesionalitas dalam Membangun Bangsa yang Bermartabat’ di Gedung Manggala Wanabhakti, Sabtu (23/2).

Tema tahun ini dipandang penting, lantaran menjadi pribadi bermartabat guna membentuk bangsa yang bermartabat sangat dituntut pada era dewasa ini. Gejolak dunia sebagai akibat dari revolusi industri generasi ke-4 telah memunculkan pengaruh yang luar biasa terhadap pribadi manusia, termasuk dalam dunia pendidikan khususnya menyangkut literasi media dan digital. Literasi ini menjadi penting karena paparan konten media digital yang sangat tinggi dapat memengaruhi pribadi eksekutif muda. Perhatian STIKS Tarakanita terhadap pribadi-pribadi eksekutif muda untuk hidup bermartabat menjadi titik awal guna terbentuknya masyarakat, bangsa dan negara Indonesia yang juga bermartabat dalam menyongsong masa depan.

Upacara wisuda diisi dengan Orasi Ilmiah oleh Ketua Program Studi S1 IPMI International Business School yang juga pendiri PT Bhineka Belitung Lestari, Dr. Risa Bhinekawati, SE., MBA., MIPP., Ph.D. Alumnus LPK Tarakanita angkatan 1987 itu memaparkan lebih dalam mengenai tema wisuda tahun ini. Turut hadir pula perwakilan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III DKI Jakarta, Sri Mastuti, S.Kom, M.Kom yang memberikan kata sambutan.

Dalam wisuda tahun ini, tercatat ada 224 wisudawan yang terdiri dari 187 mahasiswa Program Studi Diploma Tiga Sekretari dan 37 mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi. IPK rata-rata untuk para wisudawan dari Program Studi Ilmu Komunikasi adalah 3,32 sedangkan untuk Program Studi Diploma Tiga Sekretari adalah 3,11. Wisudawan dengan IPK tertinggi 3,82 untuk Program Studi Diploma Tiga Sekretari diraih oleh Rofaniola Putri Lulu sedangkan IPK tertinggi 3,88 untuk Program Studi Sarjana Ilmu Komunikasi Grace Anggita Hasian Saragih. Pada kesempatan wisuda kali ini, STIKS Tarakanita juga bersyukur karena sekitar 90% mahasiswa yang diwisuda telah bekerja di aneka perusahaan di Indonesia.

Namun berbeda dari biasanya, pada pertengahan upacara, STIKS Tarakanita memberi penghormatan kepada salah satu mahasiswa, Feilani Chandra yang menghembuskan napas terakhirnya di awal bulan Februari kemarin. Tutup usianya Feni (sapaan akrabnya) cukup meninggalkan duka yang mendalam karena hari ini merupakan hari bahagianya bersama STIKS Tarakanita. Sebelumnya, Ketua STIKS Tarakanita, Sr Brigitta Veronica Raimundawati CB, S.Pd. M.T. Pd. beserta tim kemahasiswaan memberikan apresiasi kepada Feni dengan memberikan toga yang rencananya ia pakai dalam acara wisuda kali ini pada upacara pemakamannya.

STIKS Tarakanita didirikan pada 10 Januari 1968 di Pulo Raya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan dengan nama Akademi Sekretari/Lembaga Pendidikan Kejuruan Tarakanita atau lebih dikenal dengan Aksek/LPK Tarakanita. Keberadaan lembaga pendidikan yang satu ini tidak terlepas dari karya misi dari para Suster Kongregasi Suster-suster Cinta Kasih St. Carolus Borromeus atau Suster-suster CB yang sudah berkarya di Indonesia sejak puluhan tahun sebelumnya.

Sepanjang 51 tahun berdirinya, lembaga ini sudah banyak mencetak lulusan dengan kualitas yang konsisten. Sebuah pengakuan akan kualitas juga diperoleh STIKS Tarakanita pada 2009. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) saat itu, Muhaimin Iskandar. Adalah BNSP Competency Award 2009 untuk kategori lembaga pendidikan yang menjadi kebanggaan. BNSP Competency Award merupakan penghargaan tertinggi untuk pengabdian, perjuangan, dan jasa yang istimewa kepada perorangan dari masyarakat umum, Industri/perusahaan/pelaku usaha, organisasi profesi atau lembaga pendidikan dan pelatihan yang mampu membuktikan diri dalam pencapaian kompetensi di bidangnya, atau telah berhasil menggerakkan, membangun, meningkatkan kompetensi bangsa.

Mulai pertengahan tahun 2011 STIKS Tarakanita hadir di tengah jantung kota Jakarta, tepatnya di Thamrin City Community Center untuk Program Sarjana Studi Komunikasi Bisnis, baik kelas reguler maupun kelas eksekutif dan Program Diploma Tiga Studi Sekretari kelas eksekutif.

Read 791 times Last modified on Kamis, 28 Februari 2019 15:48
Login to post comments

Newsletter

Make sure you dont miss interesting happenings by joining our newsletter program.

Hubungi Kami

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan untuk menghubungi staff kami.

  • SMS/ WhatsApp/ Line : 081285386710, 081285386725
  • Telp : 021-8649870, 8651764, 8651765 ext. 606
  • Fax : 021-8642115
  • Email: info@starki.id
  • Koordinat GPS Kampus 1 - 6°14'08.0"S 106°55'49.5"E
  • Koordinat GPS Kampus 2 - 6°11'40.6"S 106°49'00.1"E

Sosial Media

Kunjungi kami di sosial media untuk tetap terhubung.