Semangat Pelayanan St Carolus Perlu Diteladani

07 November 2018

(Sr Brigitta CB sedang memberikan penghargaan untuk para Dosen dan Tenaga Kependidikan STARKI. Dok. STARKI)

DALAM rangka perayaan Carolus Borromeus (CB) Day yang biasa diperingati pada 4 November, Sekolah Tinggi Tarakanita – STARKI menggelar perayaan CB Day di Aula Bintang Samudera STARKI, Kompleks Billy & Moon Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Sabtu, 3 November 2018. Perayaan yang mengangkat tema “Membangun Semangat Pembaharuan dalam Kebhinekaan” ini dihadiri Ketua Pengurus Yayasan Pendidikan Tinggi Tarakanita Drs A. Joko Nugroho, Ketua STARKI Sr Brigitta Veronica Raimundawati CB, S.Pd., M.T.Pd., Tamu Undangan, para Dosen, Karyawan dan Perwakilan mahasiswa.

Acara diawali dengan Ekaristi dipimpin Romo Victorius Rudi Hartono didampingi Romo Padmaseputra SJ. Dalam khotbah, Romo Rudi menyinggung tema yang diangkat. Menurutnya, tema itu merupakan ungkapan syukur akan rahmat Allah yang bisa merangkul segala perbedaan. Tema tersebut mengingatkan Romo Rudi sewaktu bertugas di Paroki St Grabriel Pulo Gebang, Jakarta Timur. Di tempat itu, ia berusaha membangun iman umat juga semangat kebhinekaan di tengah masyarakat dengan gerakan silaturahmi. “Kalau orang tidak peka pada silaturahmi, maka kebhinekaan tidak akan pernah terbangun, alias kita ada di tempat menara gading,” kata Romo Rudi.

Usai Ekaristi, Ketua STARKI Sr Brigitta Veronica Raimundawati CB, S.Pd., M.T.Pd., mengingatkan tentang tiga momen bersejarah yang dirayakan STARKI pada tahun 2018 kepada para hadirin dalam sambutannya. Momen pertama, peringatan pelindung konggregasi CB St Carolus Borromeus; Kedua, peringatan 100 tahun CB di Indonesia, dan yang ketiga, perayaan 50 Tahun STARKI berkarya. “Ketiga peristiwa ini tidak bisa berdiri sendiri namun merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan,” ungkapnya.

Dibalik 3 peristiwa bersejarah itu, Sr Brigitta mengajak hadirin tak melupakan peran Bunda Elisabeth Gruyters sang pendiri kongregasi Carolus Borromeus (CB). Lanjut Sr Brigitta, St Carolus sebagai pelindung kongregasi dan karya-karya CB pantas menjadi teladan karena semangatnya selaras dengan semangat Bunda Elisabeth. St Carolus memiliki kepedulian terhadap orang sakit, miskin dan menderita. Ia juga tergolong orang yang beriman secara mendalam, tekun dalam doa, tidak mementingkan diri sendiri, penuh kerelaan, murah hati, penuh pengorbanan, tidak suka menonjolkan diri serta rendah hati juga peduli kepada kaum muda. Sifat-sifat itu, menurut Sr Brigitta harus memancar keluar dan menjadi perhiasan para Suster CB, juga mitra karya CB dan dan para mahasiswa STARKI.

Selain rendah hati, St Carolus juga dikenal sebagai pembaharu sejati. Pembaharu sejati adalah seseorang yang menjaga imannya dengan setia, tulus, penuh semangat, disiplin, tanggung jawab, menebarkan kebenaran, dan tidak mencari kemuliaan diri sendiri melainkan untuk kemuliaan Tuhan. Sedangkan seorang pembaharu palsu biasanya akan berusaha menghacurkan iman, moral, disiplin, kejujuran, komitmen, tanggung jawab, dan kesetiaan seturut keinginan diri sendiri. Oleh karena itu, sesuai dengan tema yang diangkat, Sr Brigitta mengajak hadirin berusaha menjadi pembaharu sejati dalam kehidupan sehari-hari.

Pada kesempatan itu, Sr Brigitta juga berterima kasih kepada panitia CB Day yang telah menyiapkan acara dengan baik juga kepada panitia 50 tahun Jubile STARKI. Ia juga berterima kasih kepada para Dosen dan tenaga kependidikan yang telah ikut memajukan STARKI selama 50 tahun. Sebagai apresiasi, STARKI kemudian memberikan penghargaan kepada para Dosen yang produktif dalam menghasilkan karya ilmiah lewat penelitian yang dipublikasikan lewat Jurnal, Majalah, Surat Kabar ataupun media lainnya dari tahun 2014-2017. Para Dosen penulis produktif tersebut adalah: Agustinus Rustanta S.Pd., M.Si., Rosalia Kurni Setyawati S.Pd., M.M., Linus Kali Palindangan S.S., M.Si., dan Jati Wahyono Agustinus M.Pd.

STARKI juga memberikan penghargaan kepada tenaga kependidikan yang rajin masuk tepat waktu dan mengikuti doa pagi antara lain kepada: Caecilia Dian Eka R. S.Pd., Andreas Riyanto A.Md., Antonius Arief Widiasmoko S.E., dan Jeanne D’Arc Haryo S. A.Md. Lewat penghargaan ini, Sr Brigitta berharap para Dosen, Karyawan dan Mahasiswa dapat berjuang untuk membaharui diri menjadi lebih baik di masa yang akan datang. “Dengan ketekunan mari kita terus berkarya dengan keinginan besar untuk maju,” pungkas Sr Brigitta CB.

Usai sambutan, acara dilanjutkan dengan penampilan Tari Bajidor Kahot, Paduan Suara Seraphim, Band Mahasiswa, Dance Dosen dan Karyawan, Games dengan aplikasi Kahoot, pembagian Doorprize, dan Ramah Tamah.

 

(ANS)

Login to post comments

Newsletter

Make sure you dont miss interesting happenings by joining our newsletter program.

Hubungi Kami

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan untuk menghubungi staff kami.

  • SMS/ WhatsApp/ Line : 081285386710, 081285386725
  • Telp : 021-8649870, 8651764, 8651765 ext. 606
  • Fax : 021-8642115
  • Email: info@starki.id
  • Koordinat GPS Kampus 1 - 6°14'08.0"S 106°55'49.5"E
  • Koordinat GPS Kampus 2 - 6°11'40.6"S 106°49'00.1"E

Sosial Media

Kunjungi kami di sosial media untuk tetap terhubung.