11 April 2017

PRESS RELEASE

 

WISUDA VI S 1 dan WISUDA XXIII D 3

STIKS TARAKANITA

 

MENINGKATKAN KEUNGGULAN DALAM MENGHADAPI KEANEKARAGAMAN TANTANGAN

 

Sabtu, 4 Februari 2017

Manggala Wanabhakti, Jakarta

 

Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari (STIKS) Tarakanita menyelenggarakan Wisuda VI bagi lulusan S 1 Ilmu Komunikasi dan Wisuda XXII bagi lulusan D 3 Sekretari. Penyelenggaraan wisuda ini merupakan pengukuhan bagi para lulusan, berdasarkan Putusan Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita nomor: 0106/STIKS-TAR/AT 2.4/I.1/II/2017 tentang Pengukuhan Lulusan.

Peserta wisuda tahun ini sebanyak 224 orang, terdiri dari 26 orang lulusan Program Strata 1 Ilmu Komunikasi dan 198 orang lulusan Program Diploma 3 Sekretari.

 

Para lulusan yang memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) diatas 3.50, berjumlah 29 orang (terdiri dari 5 orang Sarjana Ilmu Komunikasi dan 24 orang Ahli Madya Sekretari). Para lulusan ini mendapatkan piagam penghargaan sebagai lulusan terbaik.

Dari ke-29 lulusan ini, 6 diantaranya mendapatkan pin emas karena meraih IPK diatas 3.75. Keenam lulusan ini adalah 5 orang dari lulusan program studi D3 Sekretari dan 1 orang lulusan dari program studi S1 Ilmu Komunikasi.

Wisudawan lulusan terbaik dengan IPK tertinggi 3,90 diraih oleh Belinda dari Program Studi Ilmu Komunikasi Srata Satu.

 

Dengan bekal keterampilan, ilmu pengetahuan, dan kepribadian baik yang diperoleh selama kuliah, 25 wisudawan Program Studi S1 dan 163 wisudawan Program D3 sudah bekerja di perusahaan-perusahaan besar di Indonesia.

 

Tema yang diusung dalam wisuda kali ini adalah “Meningkatkan Keunggulan dalam Menghadapi Kenanekaragaman Tantangan”. Latar belakang pemilihan Tema wisuda STIKS Tarakanita ini mengacu pada bahwa dalam dunia modern yang selalu berkembang seperti saat ini, masyarakat banyak sekali disuguhi berbagai tantangan, dan sekaligus kemudahan. Dengan semakin banyaknya hambatan dan kemudahan tersebut, juga akan banyak menimbulkan keanekaragaman tantangan yang dihadapi dalam dunia kerja. Keragaman di tempat kerja merupakan sebuah kepastian yang tidak dapat kita hindarkan,  sudah merupakan hal yang harus kita hadapi dalam dunia kerja saat ini. Keanekaragaman tersebut seharusnya dapat dijadikan modal dasar dan utama dalam mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang makin handal.

 

Peran Perguruan Tinggi tidak hanya sebagai wadah mencetak lulusan yang siap bekerja, namun perguruan tinggi idealnya juga dapat menyiapkan insan-insan muda yang siap dalam menghadapi keanekaragaman dalam dunia kerja. Dengan memberikan bekal kemampuan kognitif menjadi penting, namun tidak kalah penting adalah soft skill. Keanekaragaman dalam dunia kerja saat ini mewajibkan setiap insan-insan muda dalam dunia kerja harus dapat menghargai dan saling menyesuaikan diri agar dalam dunia kerja tidak menghadapi masalah.

 

Keanekaragaman dalam kerja mengacu pada berbagai perbedaan orang-orang dalam suatu organisasi. Hal ini kedengarannya sederhana, namun keanekargaman ini mencakup ras, jenis kelamin, kelompok etnis, usia, kepribadian, daya kognitif, pendidikan, latar belakang budaya dan masih banyak lagi  jenis keanekaragaman dalam dunia kerja. Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari (STIKS Tarakanita) sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi di Indonesia, khususnya di Jakarta menyadari akan tantangan keanekaragaman ini.

 

STIKS Tarakanita menyadari pula bahwa keanekaragaman ini semestinya juga dimiliki oleh mahasiswa sebagai bekal sebelum terjun dalam dunia kerja. Keanekaragaman ini semestinya dapat dijadikan modal untuk dapat menjalin relasi dengan lebih baik dan lebih banyak dalam dunia kerja. Oleh karena itu, penyusunan kurikulum yang baik juga telah dilaksanakan oleh STIKS Tarakanita dalam menyiapkan generasi muda ini.

 

Dalam laporan akademiknya, Suster Fransisca Dwina Arintowati CB, S.Psi., M.A.Ed. selaku Ketua STIKS Tarakanita, menyampaikan bahwa sebagai lembaga pendidikan tinggi, STIKS Tarakanita, yang telah berdiri 49 tahun, tetap mengambil peran dalam upaya mencerdaskan bangsa dan untuk tetap meneruskan Visi pendiri dalam memberikan perhatian khusus bagi kaum perempuan.

 

Berkaitan dengan tema wisuda, maka STIKS Tarakanita juga mengundang Ibu Yenny Zunnuba Wahid untuk menyampaikan orasi ilmiahnya Materi yang diberikan ini diharapkan dapat memberikan bekal dan memperluas cakrawala pandang para wisudawan dalam menapaki karir di dunia kerja, sehingga akhirnya mereka dapat menjadi individu-individu yang mampu meningkatkan keunggulan dalam menghadapai keanekaragaman tantangan.

 

Sumber:

Panitia Wisuda WISUDA VI S 1 dan WISUDA XXIII D 3 STIKS TARAKANITA

 


 

SEKOLAH TINGGI ILMU KOMUNIKASI DAN SEKRETARI (STIKS) TARAKANITA

Struktur Organisasi

 

Ketua                             : Sr. Fransisca Dwina Arintowati CB, S.Psi., M.A.Ed.

Wakil Ketua I                 : Drs. Yakin Bakhtiar Siregar, M.M.

Wakil Ketua II                 : Yoseph Hendrik Maturbongs, S.Kom., M.T.I.

Wakil Ketua III                : Sr. Sinta Ariati CB, S.Psi., M.Si.

 

Ketua Program Studi Sekretari D3            : Dra. Bertha Reni P. M., M.M.

Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi S1 : FA. Wisnu Wirawan, S.Pd., M.Si.

 


 

Read 753 times Last modified on Selasa, 11 April 2017 01:36
Login to post comments

Newsletter

Make sure you dont miss interesting happenings by joining our newsletter program.

Hubungi Kami

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan untuk menghubungi staff kami.

  • SMS/ WhatsApp/ Line : 081285386710, 081285386725
  • Telp : 021-8649870, 8651764, 8651765 ext. 606
  • Fax : 021-8642115
  • Email: info@stiks-tarakanita.ac.id
  • Koordinat GPS Kampus 1 - 6°14'08.0"S 106°55'49.5"E
  • Koordinat GPS Kampus 2 - 6°11'40.6"S 106°49'00.1"E

Sosial Media

Kunjungi kami di sosial media untuk tetap terhubung.