Sebelum mengikuti pembelajaran di perguruan tinggi swasta terbaik yang sudah Anda pilih, simak dulu perbedaan kehidupan kuliah dan SMA agar Anda lebih mudah untuk beradaptasi.

Saat ini, Anda mungkin sudah diterima di salah satu perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia. Namun tahukah Anda bahwa kehidupan sebagai mahasiswa sangat berbeda dengan kehidupan saat Anda duduk di bangku SMA. Untuk memudahkan proses adaptasi saat berkuliah nanti, simak perbedaannya berikut ini.

 

Akademik

Saat sekolah, Anda diharuskan mengikuti paket pelajaran yang telah ditentukan, disesuaikan menurut tingkatan kelas dan jurusan yang materinya didasarkan kurikulum pendidikan. Jika di bangku kuliah, Anda harus bertanggung jawab sendiri untuk menentukan apa saja mata kuliah yang akan diambil, diatur dalam bentuk Satuan Kredit Semester atau SKS.

 

Kehadiran Siswa

Sewaktu sekolah, Anda wajib menghadiri sesi kelas. Tapi saat kuliah, terkadang dosen berhalangan hadir, sehingga membuat Anda tidak perlu belajar di dalam kelas. Dalam kondisi ini, terkadang Anda tergoda untuk melakukan hal-hal yang menyenangkan. Oleh sebab itu, Anda harus siap mengendalikan diri agar tetap fokus kuliah sehingga perolehan nilai tetap memuaskan.

 

Pola Belajar

Di sekolah, Anda akan terus didampingi guru, baik saat penyampaian materi ataupun aktivitas yang berhubungan dengan tugas. Berbeda dengan kuliah, Anda akan dituntut mandiri dan selalu aktif, karena dosen hanya akan memberikan arahan tanpa memaksa Anda, karena Anda lah yang menentukan sendiri prestasi selama berkuliah.

 

Jadwal

Yang juga berbeda saat Anda menjadi mahasiswa adalah jadwal belajar yang jauh lebih menyebar dibandingkan SMA. Saat SMA, Anda ikut pelajaran tatap muka hampir setiap hari, misalnya dari Senin sampai Jumat. Tapi saat Anda mulai berkuliah di perguruan tinggi swasta terbaik pilihan Anda, Anda mungkin akan mengikuti perkuliahan selama satu atau dua pertemuan dalam setiap minggunya. Fleksibilitas jadwal ini dapat Anda atur saat menyusun Satuan Kredit Semester di awal semester.

 

Evaluasi Belajar

Sewaktu SMA, biasanya Anda mengikuti evaluasi belajar lebih sering dibandingkan saat kuliah. Sekalipun tes di bangku kuliah dilakukan dalam waktu yang jarang, misalnya tengah dan akhir semester, namun Anda harus selalu fokus karena hasilnya akan berpengaruh pada IPK.

 

Kelulusan

Kelulusan SMA ditandai dengan ujian akhir, atau kita kenal dengan sebutan Ujian Nasional. Namun untuk lulus kuliah, mahasiswa diharuskan menyelesaikan sebuah karya ilmiah, misalnya laporan kerja praktek untuk program diploma atau skripsi jika Anda mengambil program sarjana.

Dengan mengetahui perbedaan diatas, diharapkan Anda akan lebih mudah beradaptasi saat masuk ke dunia perkuliahan. Jadi, siapkah untuk belajar melalui perguruan tinggi swasta terbaik pilihan Anda?

 

 

Sources:

news.okezone.com/read/2015/04/21/65/1137671/perbedaan-sma-dan-kuliah

jurusankuliah.info/2013/07/perbedaan-sma-dan-perguruan-tinggi.html

Diakses pada 24 November 2015.

 

Newsletter

Make sure you dont miss interesting happenings by joining our newsletter program.

Hubungi Kami

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan untuk menghubungi staff kami.

  • SMS/ WhatsApp/ Line : 081285386710, 081285386725
  • Telp : 021-8649870, 8651764, 8651765 ext. 606
  • Fax : 021-8642115
  • Email: info@starki.id
  • Koordinat GPS Kampus 1 - 6°14'08.0"S 106°55'49.5"E
  • Koordinat GPS Kampus 2 - 6°11'40.6"S 106°49'00.1"E

Sosial Media

Kunjungi kami di sosial media untuk tetap terhubung.