Apakah Anda sudah memilih salah satu perguruan tinggi swasta terbaik untuk melanjutkan studi? Bila masih belum menentukan pilihan, simak kiat berikut ini!   

Dibandingkan dengan Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Perguruan Tinggi Swasta (PTS) lebih banyak menjamur di Indonesia. Asalkan memiliki persyaratan administrasi yang lengkap menurut BANPT, maka PTS bisa didirikan dimana saja dan oleh siapa saja. Bila Anda lebih berminat melanjutkan studi di PTS, usahakan Anda masuk ke salah satu perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia. Tetapi jika Anda masih bingung dalam menentukan pilihan, simaklah tips berikut ini:

 

Akreditasi

Chairy, wakil rektor Universitas Tarumanagara bidang Keuangan dan Pemasaran, mengatakan melalui Okezone bahwa sangat disarankan bagi mahasiswa baru untuk memperhatikan nilai akreditasi jika ingin berkuliah di perguruan tinggi swasta. Chairy juga menyarankan bagi mereka untuk memilih PTS dengan akreditasi A atau minimal B.

 

Fasilitas Kampus

Sebelum memutuskan untuk mendaftar di suatu PTS, Anda sebaiknya melakukan observasi lapangan terlebih dahulu. Kunjungi kampus PTS yang akan Anda pilih dan lihat berbagai fasilitas yang disediakannya. Analisa bagaimana ruangan kelasnya, laboratorium praktek, perpustakaan, dan fasilitas umum lainnya. Anda juga bisa meminta bantuan dari staf kantor admisi kampus untuk mendampingi selama Anda melakukan observasi.

 

Lingkungan

Selain melakukan observasi pada bagian dalam kampus, Anda juga perlu memperhatikan keadaan lingkungan sekitar. Pastikan bahwa perguruan tinggi swasta yang Anda pilih berlokasi di lingkungan yang aman dan nyaman dengan kondisi sosial masyarakat yang baik.

 

Nama PTS

Dari nama saja Anda bisa mengetahui apakah perguruan tinggi swasta itu masuk dalam kategori perguruan tinggi swasta terbaik atau tidak. Bila Anda berkuliah di PTS dengan nama yang sudah dikenal, maka Anda akan mendapatkan peluang kerja yang tinggi dan dapat bersaing dengan lulusan dari PTN ternama sekalipun. Semakin populer nama suatu PTS, maka semakin tinggi juga peringkatnya. Untuk mengetahui peringkat PTS, Anda bisa mencoba mengunjungi website resminya.

 

Pertimbangkan Finansial

Tidak mengherankan jika biaya perkuliahan di PTS lebih tinggi daripada di PTN. Bahkan banyak PTS dengan akreditasi tinggi tetapi biaya kuliah yang ditawarkan sangatlah tinggi. Untungnya masih banyak PTS dengan akreditasi yang bagus dengan program studi yang Anda harapkan, tapi biaya yang ditawarkan masih terjangkau.

 

Rekomendasi

Mengumpulkan informasi dari Internet tentang PTS yang Anda incar tidaklah cukup. Anda juga perlu mendengar langsung dari orang-orang terkait mengenai PTS tersebut. Anda bisa bertanya pada saudara, keluarga, dan teman. Akan lebih baik lagi jika Anda memiliki kenalan lulusan PTS tersebut sehingga Anda bisa memiliki gambaran akurat tentang situasi kampus dan prospek kerjanya.

 

Lebih disarankan bila Anda memilih PTS yang masuk dalam kategori perguruan tinggi swasta terbaik. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan pendidikan dengan mutu yang tak kalah dari PTN.

 

 

Sumber:

berkuliah.com/2014/09/6-tips-memilih-perguruan-tinggi-swasta

news.okezone.com/read/2015/06/20/65/1168555/tips-memilih-kampus-swasta

Diakses pada 10 Oktober 2015

 

Newsletter

Make sure you dont miss interesting happenings by joining our newsletter program.

Hubungi Kami

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan untuk menghubungi staff kami.

  • SMS/ WhatsApp/ Line : 081285386710, 081285386725
  • Telp : 021-8649870, 8651764, 8651765 ext. 606
  • Fax : 021-8642115
  • Email: info@starki.id
  • Koordinat GPS Kampus 1 - 6°14'08.0"S 106°55'49.5"E
  • Koordinat GPS Kampus 2 - 6°11'40.6"S 106°49'00.1"E

Sosial Media

Kunjungi kami di sosial media untuk tetap terhubung.